EKSPEDISI BLAMBANGAN 1

Bookmark and Share


Ekspedisi Blambangan 1

Ekspedisi ini dilakukan oleh anggota KIR SMAJA dilakukan pada hari Senin tanggal 26 Desember 2011. Ekspedisi ini bermula dari tulisan salah satu anggota KIR SMAJA yang bernama AKbar Ridho Arifin, tulisan tersebut akan diikutkan di LKTI budaya. Kebetulan Akbar Ridho Arifin adalah putra daerah Kamal tempat ekspedisi kami. Dengan banyaknya temuan baru dan ternyata sejarah JEMBER sangat menarik untuk di kaji lebih lanjut. Akhirnya terbentuk tim Ekspedisi Blambangan 1 KIR SMAJA.

Pada hari ini mendung tebal hujan dari pagi terus mengguyur kota Jember. Tapi keadaan ini tidak menyurutkan semangat tim. Perjalanan agak siang sekitar jam 9 pagi karena menunggu hujan agak reda.

Perjalanan di awali di dusun klanceng di sini terdapat batu kenong yang di letakkan di halaman kantor desa, menurut penjaga , batu ini adalah sisa2 batu kenong yang tidak terbawa oleh para pencari barang purbakala. Sehingga sempet di selamatkan.

Dari dusun Klanceng terus mencari Tak butak an, kesenian asli Jember. Ternyata tidak ketemu karena sedang ditanggap oleh dusun lain.

Perjalanan terus ke tempat cikal bakal terjadinya desa Kamal. disini sempat salah stu anggota tim terjatuh dari sepeda motor karena jalan licin. Syukur cedera tidak terlalu parah. Namun sepeda motor harus dititipkan karena sedikit trauma untuk setir motor sendiri.

Lanjut ke rumah Bpk Kholik, beliau adalah keturunan ke 7 dari mbah Yami. Banyak cerita unik yang beliau ungkapkan, cikal balal desa Kamal Jember.

Perjalanan lanjut ke SITUS KAMAL. Disitus ini banyak terdapat batu kenong dan menhir yang tersimpan rapi. Tapi sayang jalan naik menuju situs agak licin dan susah karena tangganya sudah rusak. Mudah2an ada donatur yang mau nyumbang untuk perbaikan tangga situs. Karena menurut bapak penjaga sudah bermohon berulang kali pada pemerintah namun belum terwujud juga

Melia Hestiati