Peradaban Manusia

Bookmark and Share



Menurut referensi yang saya dapat, manusia mulai mengenal abjad sejak ± tahun 4000 SM. Akan tetapi perkembangan peradaban yang saya dapat ini berkembeng pada bangsa mesir.
Sebelum mengenal abjad, menusia menggunakan gambar, simbol-simbol dan gerak tubuh untuk merekam peristiwa-peristiwa atau menyampaikan gagasan-gagasan. Salah satu contohnya yaitu gambar dari beberapa kijang bertanduk yang mengartikan “ini adalah daerah pemburuan yang baik. Gambar-gambar pada zaman itu merupakan suatu bentuk penulisan yang memberikan arti bagi manusia itu sendiri.
Pembabakan peradaban manusia
a. Masa berburu dan mengumpulkan makanan
Pada masa ini tingkat berpikir manusia masih sangat rendah, menyebabkan tempat tinggalnya berpindah-pindah dan secara keseluruhan manusianya menggantungkan hidup pada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan
b. Masa bercocok tanam
Pada masa ini kemempuan manusia dalam berpikir mulai berkembang. Sehingga timbul upaya menyiapkan bahan makanan yang cukup dalam suatu masa tertentu. Dalam upayanya tersebut, manusia mulai berpikir untuk bercocok tanam guna memenuhi kebutuhan persediaan bahan makanannya.
c. Masa perundagian
Pada masa ini masyarakat sudah memiliki pola pikir yang lebih tinggi dari masa sebelumnya. Pada masa ini manusia sudah mengenal teknik-teknik pengolahan logam. Dikatakan pola pikir yang suda tinggi dari masa yang sebelumnya karena pengolahan logam itu sendiri memerlukan suatu tempat dan keahlian khusus.
Sedangkan jika dilihat berdasarkan penggalian arkeologi maka pembabakan peradaban dibagi menjadi 2 zaman:
Zaman batu
a. Zaman batu tua (paleolithikum)
Peralatan yang digunakan masih terbuat dari batu kasar. Misalnya kapak genggam. Kehidupan manusianya pda zaman ini masih berpindah-pindah dan menggembara sebagai pemburu.
b. Zaman batu pertengahan (mesolithikum)
Pada zaman batu pertengahan ini kehidupan manusianya sudah mengenal cocok tanam sederhana dan mulai mencari tempat tinggal yang tetap.
c. Zaman pengasah batu akhir (neolithikum)
Pada zaman ini manusia sudah mengenal alat pengasah guna memperhalus peralatan yang digunakan. Manusia sudah mulai membuat gerabah, mempunyai tempat tinggal yan tetap dan memiliki kemampuan bertani yang baik. Mereka juga sudah mengenal cara memintal dan menenun. Dan pada zaman ini pulalah manusia sudah mulai membuat bangunan megalit yang berhubungan dengan kepercayaan.
Zaman logam
a. Zaman tembaga
Pada zaman ini manusia telah mampu membuat peralatan dari tembaga
b. Zaman perunggu
Zaman ini, manusia sudah menggunakan campuran antara tembaga dengan timah sebagai bahan untuk membuat peralatan.
c. Zaman besi
Pada zaman ini manusia telah mampu melebur besi untuk membuat peralatan.

YUNITA SUKMAWATI